Akhirnya Pelatih Persib Bandung Resmi Kantongi Lisensi B AFC

Advertisement

Sebanyak 21 pelatih dan asisten pelatih Indonesia telah menyelesaikan kursus kepelatihan untuk mendapatkan Lisensi B AFC pada Selasa 23 Desember 2014. Hasil dari kursus kepelatihan tersebut diharapkan para pelatih ini menjadi tulang punggung pengembangan sepakbola di Indonesia.

Sekjen PSSI, Joko Driyono, mengutarakan, bagaimana mutu pelatih Indonesia kian meningkat dengan adanya kursus kepelatihan Lisensi B AFC. Kursus kepelatihan digelar sejak 3 Desember 2014 di National Youth Training Center (NYTC), Sawangan, Depok, Jawa Barat.



Sejumlah pelatih maupun asisten pelatih yang mengikuti kursus kepelatihan Lisensi B AFC berasal dari klub Indonesia Super League (ISL) maupun Divisi Utama. Nama-nama yang tak asing seperti Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman, pelatih Barito Putera, Salahudin, dan Asisten Pelatih Arema Cronus, Joko Susilo, mengikuti kursus tersebut.

"Kita berharap mutu kepelatihan pelatih kita terus meningkat dan dapat lulus semua dengan hasil yang memuaskan. PSSI terus mendorong agar setiap pelatih di Indonesia bisa meraih lisensi sesuai standar AFC ke depannya," kata Joko dalam situs resmi PSSI, Rabu 24 Desember 2014.

Sementara itu, Football Development Officer PSSI, Efraim Ferdinand, menjelaskan, kursus kepelatihan B AFC lebih menekankan setiap pelatih untuk mempersiapkan atau melatih tim. Efraim menjelaskan, menu kursus B AFC kontennya lebih seperti taktis, bukan lagi mengasah keterampilan individu.

"Sangat berbeda dengan C AFC yang condong ke individu dan usia sekitar 16 sampai 17 tahun yang dilatih. Kalau di B AFC kita sasarannya untuk melatih 19 tahun ke atas. Selain itu ada taktik bagaimana strategi saat 7 lawan 7 atau 9 lawan 9. Semua pelajaran kita berikan secara teori dan praktis, "papar Efraim.

Salah satu peserta kursus B AFC, asisten pelatih Persela, Didik Ludiyanto, mengaku sangat berterima kasih bisa mendapat kesempatan mengikuti lisensi kepelatihan yang levelnya lebih tinggi. Dia merasa banyak ilmu yang didapatkan selama mengikuti kursus kepelatihan di Sawangan ini.

"Kita bisa saling cerita bagaimana cara membentuk sebuah tim yang tangguh. Kebetulan juga di sini ada TC Timnas U-23. Dari mulai pagi sampai malam, kami berjuang dengan buku dan bola, "tutur Didik.

"Coach instruktur Sivaji dan asisten instruktur Danurwindo sangat membantu dalam hal belajar. Saya siap menerapkan ilmu saya saat memimpin anak-anak Persela nanti, "lanjutnya.

Jangan sampai ketinggalan berita-berita terbaru dan terbaik dari blog Antv Bola. Berlangganan melalui email sekarang juga yah :) :

0 Response to "Akhirnya Pelatih Persib Bandung Resmi Kantongi Lisensi B AFC"

Post a Comment